Describt

Describt

Translate

Rabu, 22 Oktober 2014

Contoh Makalah - Sansevieria



Karya Ilmiah / Dokumentasi
Mengenai : tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Markus Matulessy
Kelas : IX- 10
BAHASA INDONESIA
BAB I : PENDAHULUAN
Kata Pengantar
     Ass .. syalom salam sejahtra bagi kita yang mebaca dokumentasi ini. Perkenalkan saya max matulessy yang membawakan dokumentasi atau karya ilmiah saya mengenai tanaman bunga Sansevieria atau biasa kita sapa :: Lidah Mertuah. Sebelum anda membaca Karya ilmiah saya ini, saya memohon agar anda dapat membaca sejenak kata pengantar saya.
            Didalam dokumentasi atau karya imiah saya ini, terdapat banyak sekali pengetahuan yang mungkin belum anda ketahui menjadi tau. Mengenai tumbuhan ini, masyarakat perlu tau betapa pentingnya tumbuhan sansevieria yang telah saya dokumentasikan ini, karna fungsi dari pada tumbuhan ini sangat cocok didaerah perkotaan seperti kita yang begitu banyak sekali karbondioksida, asab pabrik dan sebagainya tetapi dapat dikurangiatau dapat diatasi dengan menggunakan beberapa helai Sanseviera sajah, anda dapat mempelajarinya disini.
dan bukan hanya itu sajah tetapi juga terdapat jenis atau spesies beserta hama dan juga cara pengendaliannya, tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai .. ;D thkz.
Daftar isi
BAB I: Pendahuluan
-          Kata pengantar
-          Daftar isi
BAB II: Isi
-          Mengenai sansevieria
-          Cirri-ciri sansevieria
-          Jenis dan spesies sansevieria
-          Kemampuan atau manfaat sanseviera
-          Hama dan cara pengendalian
BAB III: Penutup
-          Kesimpulan dan salam
BAB II : ISI
Mangenai Sansevieria

(contoh gambar: sangsivieria milik saya)
          Beberapa hari yang lalu, tante saya menanam tumbuhan daun lidah mertua, atau dalam bahasa ilmiahnya SANSEVIERIA. dalam bahasa inggris tanaman ini disebut juga snake plant, mother in-law’s tongue, devils tongue, jinn”s tongue, dan bow string hemp.
          Beliau bilang, tumbuhan ini bisa menyerap racun/ polutan yang ada diudara, biasanya banyak ditanam dilingkungan rumah sakit. Hmm .. apa iya?? Setelah saya caritau diinternet, eh ternyata betul! Dan juga bisa ditanam sansevieriadi dalam kamar.


Cirri-ciri Sansevieria
            Cirri-ciri sansevieria atau lidah mertua secara umum memiliki rimpang, berdau tebal, serta ujung daunnya runcing atau berduri. Mampu menyimpan air dalam jumlah yang banyak pada seluruh bagian tubuh. Mampu hidup didaerah yang kering dan tandus sekalipun.
          Sansevieria memiliki dan yang berwarna beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak / kuning emas dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning

            (hijau dan kuning emas)                                            (hijau perak)                                         (pendek 8 cm)

motif alur atau garis-garis yang bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang sig-sag.


Jenis dan spesies Sansevieria
Dari refrensi yang saya dapat, sansevieria (lidah mertua) dapat dikelompokan menjadi dua jenis,
jenis daun pendek (sekitar 8 cm)
jenis daun panjang (50 – 70 cm)

          Macam-macam jenis sansevieria bisa mencapai 70 spesies, bahkan jika termasuk  jenis hibrida macamnya bisa mencapai dua kali lipat lebih.
          beberapa spesies antara lain:
     
   
-          Sangsivieria. angustiflora,
-          S. clyndrica,
-          S. dawei,
-          S. ehren bergi,
-          S. golden honey
-          dan lain-lain.
Manfaat Sansevieria
            Sansevieria atau lidah mertua merupakan salah satu tanaman istimewah karena mempunyai kemampuan sebagai penyerap racun (polutan) diudara. Jenis racun yang mampu diserap oleh sansevieria antara laim:
-          Karbonmonoksida
-          Nikotin
-          Benzene
-          Formaldehyde
-          Trichloroethylene,
-          Hingga dioksin dan beberapa narkoba bergas lainnya
Jdi cocok untuk diletakan dikamar seorang perokok! ;)
          Berdasarkan pengertian Badan Antariksa America Serikat (NASA; National aeronautics and space administration), sansevieria atau lidah mertua mempunyai kemampuan menyerap hingga 107 jenis unsure berbahaya (racun atau polutan)! Riset lainya!
Yang juga mengatakan; bahwa dengan lima helai dau sansevieria dewasa mampu menyerap dan mebersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.
          Manfaat lain lidah mertua, selain sebagai tumbuhan penyerap racun, sanseviera atau lidah mertua ternyata mempunyai berbagai khasiat antara lain:
-          Menutup luka
-          Obat antiseptic
-          Obat wasir
-          Cacar
-          Cacingan
-          Penyakit mata dan telinga
-          Dan juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh.
Beberapa jenis sangsivieria juga berhasiat sebagai
-          Anti malaria
-          Anticendawan
-          Antikolestrol
-          Sampai antikangker


Jenis hama dan pengendalian Sansevieria
            Terdapat 4 spesies pengendalian yang pernah saya baca dibuku Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap (RPAL). Tindakan tersebut antara lain pengendalian mekanis, pengendalian sanitasi, pengendalian kultur teknis, dan pengendalian kimiawi. Langsung sajah:
A.   Pengendalian Mekanis
pengendalian ini dilakukan apabila serangan hama masih dalam jumlah terbatas. Misalnya, siput dapat diambil dengan tangan dan dibunuh atau dibuang jauh (hehe :D). demikian juga dengan kutu yang terdapat pada bagian daun dapat didorong dengan menggunakan kuku tangan, dan ditindih atau dipicii ;) hingga mati. Semut-semut yang tidak terlalu banyak pun dapat diambil secara manual dengan tangan.
B.    Pengendalian Sanitasi
menjaga kebersihan lingkungan juga merupakan salah satu cara untuk menangkal serangan hama dan penyakit. Gulma yang tumbuh ditanaman merupakan tempat persembunyian yang disukai hama dan pathogen penyebab penyakit. Dengan mebersihkan kebun secara rutin, hama tidak mempunyai kesempatan untuk bersembunyi. Selain itu, kebun yang bersih akan sedap untuk dipandang dan merupakan lingkungan kerja yang baik dan tertata bila dilihat orang!
C.    Pengendalian Cultur Teknis
pemeliharaan tanaman yang baik dapat meningkatkan kesehatan tanaman. Penyiraman, pemuukan, pengendalian hama dan penyakit, serta penggantian media tumbuh dapat meningkatan pertumbuhan tanaman. Secara tidak langsung, cultur teknis yang baik dapat memantau keberadaan hama dan penyakit secara dini.
D.   Dan terakhir Pengendalian Kimiawi
apabila serangan hama dan penyakit telah berada diambang batas atau mencapai 10%, dan inilah pilihannya. Akan tetapi, pemakaian bahan kimia berlebihan akan membawa dampak negative bagi lingkungan.. maka dengan itu penggunaanya harus terkontrol. Oke viks?;)


BAB III : PENUTUP
Kesimpulan
            Melihat manfaat dan kemampuan SANSEVIERIA sebagai tanaman penyerap racun, kayaknya tubuhan ini boleh atau bisa dibilang wajib untuk ditanam terutama buat yang tinggal didaerah perkotaan dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi, apalagi tanaman ini bisa ditanam diPot dalam ruangan sekalipun ;D
Salam !!
            Itulah hasil dokumentasi atau karya ilmiah mengenai tanaman Bunga Lidah Mertua / Sansevieria yang telah saya teliti, atas perhatian bapak ibu saudara-saudari saya ucapkan terimah kasih, was … syalom.
Bila ada kritik/ saran silahkan disampaikan
Ambon, 2 April 2014. Lokasi kejadian
Tertanda :: Max. Matulessy

Thankz;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar