Describt

Describt

Translate

Sabtu, 18 Oktober 2014

Peranan Ilmu Kimia


Tugas kimia







DAFTAR ISI
                                                                                                          Halaman
Daftar Isi ……………………………………………………… 1
Hakikat Ilmu Kimia …………………………………………... 2
Metode Ilmiah …………………………………………………         3
Keselamatan Kerja
Didalam Laboratorium ……………………………………….. 4
Peranan Ilmu Kimia
Didalam Kehidupan ………………………………………….. 5
Peranan Dalam
Bidang-Bidang Jurusan ………………………………………. 6
Lampiran ………………………………………………………          dst…
HAKIKAT ILMU KIMIA
Hakikat ilmu kimia yaitu sebagai ilmu pemahaman dan rekayasa materi (mengubah satu materi ke materi lain) atau disebut juga ilmu pusat karena menghubungkan berbagai ilmu lain. Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atau antara materi dan energi terutama dalam hubungannya dengan hukum pertama termodinamika. Kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam reaksi kimia, yang mengubah satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain. Kimia tradisional juga menangani analisis zat kimia, baik didalam maupun diluar suatu kreasi, seperti dalam spektroskopi.



METODE ILMIAH
Berkat kerja keras para ahli kimia dalam melakukan studi atau penelitian, kita telah menikmati hasilnya untuk memenuhi berbagai keperluan hidup.
Pendekatan umum yang biasanya digunakan untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu kimia adalah “Metode Ilmiah”. Metode ilmiah merupakan langkah-langkah pekerjaan seorang ilmuwan dalam melakukan penelitian. Pemahaman metode ilmiah membuat kita dapat bersikap ilmiah di dalam melakukan/menyikapi sesuatu.
Langkah-langkah metode ilmiah:
1.    Melakukan observasi/penemuan masalah
2.    Merumuskan masalah
3.    Membuat hipotesis
4.    Melakukan eksperimen
5.    Mengolah/menganalisis data
6.    Membuat laporan/kesimpulan



KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM
1.  Gunakan sarung tangan, pakailah masker ketika bekerja dengan bahan yang bereaksi menjadi gas
2.  Jauhkan pembakar spirtus atau korek api dari bahan kimia yang mudah terbakar
3.  Jika terkena bahan kimia segeralah bilas denagn air mengalir dan segera pergi ke dokter bila perlu
4.  Jauhkan bahan-bahan yang mudah bereaksi dengan cahaya dari cahaya secara   langsung
5.  Jangan mengambil terlalu banyak bahan kimia cair bila tidak perlu
6.  Setelah melakukan praktikum menggunakan bahan kimia disarankan meminum susu untuk menetralisir racun dalam tubuh



PERANAN ILMU KIMIA DIDALAM KEHIDUPAN

Ø  Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi, sifat, dan perubahan zat.

Ø  Adapun manfaat ilmu kimia di kehidupan sehari-hari, yaitu : 1. Di Bidang Pertanian Contohnya ketika tumbuhan membutuhkan air serta tanah yang subur. Namun dibidang pertanian modern, telah menggunakan pupuk dan pestisida. Manfaat pupuk untuk tumbuhan ialah Merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun serat Meningkatkan mutu dan jumlah hasil yang baik. karena pupuk adalah senyawa kimia anorganik yang dijumpai di alam atau dibuat manusia yang memiliki nilai hara langsung atau tidak langsung bagi tanaman. Penggunaan pestisida dapat memusnahkan hama-hama, dan meningkatkan produksi tumbuhan dengan cepat. namun dapat membahayakan bagi kesehatan manusia karena Paparan pestisida yang masuk ke tubuh manusia baik melalui kulit, hidung, maupun mulut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan atau penyakit.

Ø  Setelah tubuh terpapar oleh pestisida, selanjutnya menyerang organ tubuh diantaranya paru-paru dan sistem pernafasan, hati, ginjal dan saluran kencing, sistem saraf, darah dan sumsum tulang, jantung dan pembuluh darah, kulit dan sistem reproduksi, sistem kekebalan, tulang, otot, dan kelenjar. Sehingga gangguan kesehatan atau penyakit yang ditimbulkannya seperti diantaranya kanker, mandul, autisme, parkinson, diabetes, bayi lahir cacat, anemia, stunting (bertubuh pendek), goiter (pembesaran kelenjar gondok), dan lain lain




                    I.            Di Bidang Pangan
Adanya komposisi pada makanan, yang bermanfaat bagi manusia. penggunaan mikroorganisme/bakteri pada makanan, contoh pembuatan kecap, tempe, dan yoghurt. Kegunaan lain ilmu kimia dalam bidang pangan adalah kimia organik, yaitu seperti karbohidrat, protein, lemak, enzim, vitamin, mineral, serat dan lain sebagainya. Karbohidrat sendiri terdiri dari 80% total konsumsi manusia.

                  II.            Dalam Bidang Kedokteran
Di bidang ini banyak dijumpai manfaatnya, seperti obat-obatan yang membantu penyembuhan pasien, karena obat adalah hasil dari penelitian dibidang kimia farmasi. Dari berbagai macam obat untuk kepentingan medis yang sudah dikenal di pasaran, misalnya beberapa macam obat batuk, sakit kepala, flu, antibiotik, antihistamin, kosmetik, dan vitamin sebagian besar mengandung bahan kimia. Bahan kimia obat untuk keperluan medis, baik murni maupun cmpuran, memegang peranan penting di dalam masyarakat modern. Obat untuk tujuan medis secara legal direkomendasikan oleh departemen kesehatan RI, sehingga penggunaan obat yang tidak seduai aturan medis dapat membahayakan pengguna. Karena ketidakcocokan, salah obat, atau over dosis (melebihi dosis maksimum) dapat berakibat serius, misalnya alergi, muntah-muntah, gelisah, kejang-kejang, hilang kesadaran, bahkan sampai pada tingkat terparah, yaitu kematian.
               III.            Di Bidang Industri/Pabrik
Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia
                IV.            Di Bidang Hukum
Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar